h1

Selamat Ulang Tahun, Beb

Mei 30, 2010

hari ini pacar saya berulang tahun. karena saya sadar tidak akan ada di sisinya saat perayaannya, hadiah untuknya sudah saya berikan sebulan yang lalu, tentunya untuk dibuka hari ini.

hadiahnya kemeja hijau kecoklatan. lengan pendek. sengaja saya beli yang pendek. biar tidak terlalu resmi, menurut saya. warnanya hijau karena saya tahu dia suka hijau. juga cincin, yang sama persis dengan milik saya. padahal dia dulu pernah berusaha merebut cincin saya untuknya, ga ngerasa banget deh kalo mau dikasih juga pas ultahnya, memang dasar lelaki, ga “tahu” banget sama yang namanya kejutan.

jadilah saya, yang sudah sangat ngantuk sekali, ditelepon jam 12 malam. normalnya kan saya yang nelpon untuk mengucapkan selamat, tapi berhubung pulsanya engga mendukung, dia jadinya yang nelpon saya.

bebi, udah tidur ya?

“ia hun, hampir, tapi ini udah bangun kok” (sambil berusaha melek)

yaah, lupa deh kalo ada yang ultah

(binggung, cari alasan, soalnya belum kirim selamat) “engga beb, uda aku kirim smsnya, mungkin masi pending, maap yah ga bisa call duluan, pulsanya sekarat” (langsung dikirim smsnya)

ia ga papa sayang, oia, makasih ya kemejanya. eh, tau ngga, aku juga kemaren barusan beli yang kaya begitu loh, hampir sama deh, cuman punyaku lengan panjang, kok bisa yah kita sama an gitu

“ah, masa siih, tapi warnanya beda kan ??” (ketir ketir, takut mubazir)

ia beda, untung aq beli yang cokelat dan garisnya juga horizontal, tapi kok kita bisa klop yah belinya, jenisnya itu loh, lagian bebi gag bilang sii kalo mau beliin kemeja

(bingung lagi) “doooh, bebi, kalo aku bilang ya but apa pake ada kejutan segala”

oia. . .

begitulah pacar saya, sangat apa adanya. bahkan cenderung suka suka dia. yah, biarlah. saya suka dia karena dia. bukan karena apa apa.

*selamat ulang tahun sayang, semoga selalu bisa menjadi contoh yang baik untuk adik adik, aku, dan anak anak kita kelak. semoga selalu bisa jadi penengah bagi semua. semoga menjadi semakin bijaksana.

selamat ulang tahun sayang. aku cinta kamu. selalu.

h1

Lilin Kecil

Mei 30, 2010

Ada kalanya kesendirian menjadi hadiah ulang tahun yang terbaik. Keheningan menghadirkan pemikiran yang bergerak ke dalam, menembus rahasia terciptanya waktu.

Keheningan mengapungkan kenangan, mengembalikan cinta yang hilang, menerbangkan amarah, mengulang manis keberhasilan dan indah kegagalan. Hening menjadi cermin yang membuat kita berkaca – suka atau tidak pada hasilnya.

Lilin merah berdiri megah di atas glazur, kilau apinya menerangi usia yang baru berganti. Namun, seusai di sembur napas, lilin tersungkur mati di dasar tempat sampah. Hangat nyalanya sebatas sumbu dan usailah sudah.

Sederet doa tanpa api menghangatkanmu di setiap hari, kalori bagi kekuatan hati yang tak habis dicerna usus. Lilin tanpa sumbu menyala dalam jiwa, menerangi jalan setapakmu ketika dunia terlelap dalam gelap.

Berbahagialah, sesungguhnya engkau mampu berulang tahun setiap hari.

*Dewi Lestari: Filosofi Kopi: Lilin Kecil

h1

Luka

Mei 29, 2010

senyap

sunyi

sepi


kelam

lebur

haru

hening


kusam

lunglai


diam


sakit


sekarat

h1

Gotong Mayit

Mei 29, 2010

Darah segar mengucur deras. Tak mau kurasakan lagi perihnya. Bulir-bulir kristal berjatuhan. Sejenak napasku tertahan.

Anakku kembar tiga.

*sekedar tulisan singkat yang ku ikutsertakan pada kontes Fiksi Mininya jeunk wi3nda (http://akubunda.wordpress.com/2010/05/16/wi3nda/)

*o iya, judulnya Gotong Mayit karena dalam adat Jawa, ketika ada anak perempuan tiga bersaudara disebut Gotong Mayit. Seperti kalau perempuan dua bersaudara disebut Kembang Sepasang. Mohon Koreksi bila ada kesalahan.

h1

Being Fat !!

Mei 29, 2010

Kemarin adekku datang. ceritanya kan dia kuliah diluar kota, nah, berhubung ada long weekend, jadinya dia pulang deh ke rumah.

so,

the point adalah. . .

dia berubah jadi gendut banget !!!

langsung deh keluargaku gempar.

ne macem macem komentar yang sempet masuk ke memoriku:

“maaasa owoooh, lha kamu kok dadi bengkak ngunu dek” (by. mak-ku)

“ehh heeem, lha baru dua semester kok tambah sak bom atom kamu” (by. my dad)

“mbak ai nu tambah guuuwwwedi og yaa” (by. ade bontot-ku)

this is it, yang terparah:

“lhaa illa ha illawoh, kok leeemuu banget to, ra payu rabi kuwi ngkoooo” (by. si embah)

*saya kasihan + ikut puyeng juga walopun bukan aku target mereka.

oke.

mari kita bahas !!!

BEING FAT !!

emang kenapa ?? kalo si empu-nya badan merasa nyaman dengan itu, sehat, dan tidak mengganggu orang lain, menurut saya itu sah sah saja. iya kan ?? apa yang salah dengan ke-gemuk-an ?? apa ada syaratnya bahwa untuk bisa hidup didunia ini harus jadi langsing ??

poin kedua:  padahal setahu saya, gendut (adek saya itu- well, sekarang panggilannya dirumah menjadi “gendut”) itu punya pacar. lumayan lagi si cowok itu. dan kalo pacarnya saja fine dengan ke-gemuk-an kekasihnya, kenapa orang rumah bingung takut dia ga bisa married ?? dan memangnya dia mau married SEKARANG ???

poin ketiga: langsing bukanlah jaminan untuk bisa hidup sehat, bahkan menikah cepat. itu sih terserah Tuhan (tentunya setelah kita berusaha menjaga kesehatan dan membuka hati, untuk masalah jodoh)

jadi, sebenarnya yang menjadi dampak antara kenyamanan dan ketidak nyamanan seseorang adalah bagaimana sikapnya terhadap penilaian orang lain. bagaimana pun “bentuk” diri kuta, pasti banyak komeng negatif maupun positif. tergantung kita saja bagaimana menyikapinya.

NB. saya termasuk orang yang susah gemuk (dan sampai sekarang belum berhasil ), sebenarnya saya bahagia sekali adik saya bisa “segemuk” itu. tapi kenapa orang orang tidak bisa mengingat bagaimana dahulu mereka berkoar-koar pada saya untuk menjadi gemuk !!

*sebenarnya mau saya cantumkan poto adek saya yang “dibilang” gendut tersebut. tapi engga jadi, takut ada yang ngamuk ^0^

h1

Cukup Sampai Disini

Mei 27, 2010

Wanita bertudung lebar itu masih menatap lekat kertas ditangannya. Air mata tak menghalanginya meneliti angka angka digenggamannya. Ribuan memori berjumpalitan ingin di mengerti. Sembilan puluh delapan bulan sudah ia bertahan. Mengubur dalam dalam perih yang sungguh nyata ia rasakan. Sakit jarum suntik penunda kehamilan yang tak pernah ia lewatkan. Setelah ini semua akan berakhir. Semua akan kembali seperti semula.

Dua ratus empat puluh juta rupiah, hasil tabungannya selama ini ditambah perhiasan pemberian suami yang ia jual, sudah cukup untuk menebus hutangnya pada orang tuanya. Menjadi janda bukanlah kemauan, tapi pilihan.

Tekatnya matang. Hatinya berteriak lantang; Telah kugadaikan diriku. Kubayar lunas biaya nikahku. Kini, biar aku menentukan mauku.

*dedicated to : Kriwul:  found your step there.

h1

Dari Apa Rasa Cemburu ??

Mei 27, 2010

barusan pacarku sms, lama baru aq bales. terus sms lagi. lama baru aku bales lagi. lma-lama dia komeng:

Bebi lama bgt si balesnya?? kmana si ?? sibuk ya??

engga, ni lagi buka blog

dari kmaren sibuk ma blog mulu, mang isinya apa si ??

engga, crita crita aja.

tapi kok bebi seru gtu, pasti ada apa apanya

engga sayang, cuman balesin komennya orang-orang aja. knalan baru. maklumlah masih asik.

kayanya asik banget. banyak cowonya ya?? trus ntar lama lama jadi ktemuan ?? aduh beeb, kamu ini. kenapa si pake blog blogan segala ?? mw cari cowo lagi ya ??

ya ampun sayang, kamu kenapa sih ?? qo mikir kaya gitu ?? ya uda besog besog buka blognya sama aq.

ya udah ya udah, sayang kamu cinta.

* kenapa harus ada rasa cemburu ?? ketika kita mencintai seseorang, bukankah kita harus percaya sama dia ?? kalo saat ini saja, sebelum merit, kamu udah mulai engga percaya, gimana besok kalo uda merrid ?? bukankah godaannya tetap ada ??

dari mana tumbuh rasa cemburu ?? dari apa terbentuk cemburu ?? takut kehilangan ?? atau egoisme untuk harus menurut ?? atau keinginan untuk memiliki seutuhnya ?? atau bahkan terlalu cinta ??

*sayang, aku cinta kamu.

walopun aku punya blog sepuluh yang  isinya artis semua atau para pengusaha, aku tetep cinta kamu. percaya sama aku.

h1

Saya Ingin

Mei 27, 2010

saya ingin berkembang.

saya ingin bekerja.

saya ingin berpenghasilan.

saya ingin hidup enak walaupun tidak mewah.

saya ingin menikah dengan pacar saya.

saya ingin punya anak.

saya ingin hidup damai tanpa pertengkaran dengan keluarga saya.

saya ingin hidup damai tanpa pertengkaran dengan keluarga saya.

saya ingin hidup damai tanpa pertengkaran dengan keluarga saya.

*saya ingin hidup damai.

dengan siapa saja.

h1

Jangan Lupa Masak !!

Mei 27, 2010

ne ceritanya tentang seorang cewek dan Maknya yang gag jelas. inget si cewek cantik bla bla bla kemaren kan?? (mungkin mulai sekarang gwe bakal rajin ngomongin dia, selaen udah minta ijin untuk nggosipin dia di blog, kayanya emang cerita dia tu gag ada matinya, hahaha, sinetron abizzz )

pada suatu hari si cewek dan suaminya bertandang ke rumah Maknya si cewek (oke biar lebih gampang ceritanya, si cewek cantik imut imut bla bla bla dan  suaminya yang tua berduit itu kita ganti aja jadi si kriwul dan brutus). nah waktu di rumah si Mak, biasa lah, Maknya langsung over gag jellas kaya orang cari perhatian. doooh, mau caper sama siapa si Mak ?? mungkin biar keliatan jadi Mak oke gthu dimata brutus.

akhirnya pas pagi pagi si Mak mau kepasar, sbelum kepasar Mak sempet teriak ke si kriwul, “jangan lupa suaminya dimasakin loo sayaaang. . .” jerit si Mak dari garasi pake nada yang lebay gag jelas gitu.

kriwul si diem ajah, dia mikir, kayanya dari bayi sampe kawin begini si Mak yang sok elit itu gag pernah deh ngajarin dia masak. bilangnya selalu, “buat apa masak, hari gene uda ga jaman cewek bisa masak, kan uda njamur tu tukang sayur dimana mana, apa gunanya kalo bukan kita yang beli”.

lhah truss,

knapa barusan nyuruh masak ??

dooohhhh.

*pesan moral yang dapat di ambil:

segala tingkah laku, kata kata, dan sikap yang dilihat si anak dari orang tuanya dapat menjadi “dampak” yang entah baik atau buruk di masa depan si anak. maka jadilah orang tua yang dapat memberi contoh baik bagi anak anaknya.

h1

Jangan Di Baca !!

Mei 26, 2010

sebenernya, kita sebagai manusia, anak tepatnya, harus selalu menghormati kedua orang tua. karena mereka kita bisa hidup sampe sekarang ini, khususnya bagi yang belum bekarja dan belum menikah. tapi, bakaimana kalo orang tuanya aneh berbeda?? tidak seperti orang tua baik baik ?? atau sok baik didepan orang aja ??

derereeeeng. . .

ini ada note’s dari seorang teman. aku engga bisa nyalahin atow bela siapa siapa. cuman lama lama takud juga, besog gwe jadi Mak model apah yak ???

_____notes si teman_____

. . . .

*yah, masa pas gwe cari cari notes dia uda ngilang siiy. . .

dooooohh !!!

(tambah lagi satu posting-an geje)